Mirip Siapa?

Kalau suatu saat dapat pertanyaan, “Kamu lebih mirip siapa?” pasti bakalan langsung jawab “Saya lebih mirip Bapak.”
Pernah baca beberapa artikel (lupa dimana) kalau kebanyakan anak pertama itu lebih cenderung mirip ke arah Ayahnya, entah sifat, fisik maupun kepribadian. Walaupun enggak semua teori benar, namun beberapa di antaranya mungkin fakta.

Kalau dipikir ulang secara kepribadian dan sifat, aku memang cenderung menurun dari bapak daripada emak. Pendiam, galak, keras kepala, punya idealis sendiri, curious. Kalau dibuat perbandingan, mungkin 80% bapak dan sisanya menurun sifat emak.

Aku bersyukur karena sifatku cenderung ke bapak daripada emak yang suka banyak bicara dan mengumbar rahasia, sampai sering kali harus ngingetin buat ngerem. Terkadang aku memang suka cerewet juga sih, kalau sudah masuk di dalam sebuah lingkaran, tapi kalau asing ya… cuma basa-basi buat respect sama orang tersebut. Aku termasuk tipe orang yang suka menahan daripada mengumbar, jadi lebih baik semua disimpan di hati sampai penuh. Kalau sudah tidak muat, baru dibuang.

Kalau fisik, dari dulu banyak orang bilang aku tidak mirip bapak mau pun emak, aku lebih mirip Mbah Kakung dari pihak bapak. Dan kalau dibandingkan memang benar sih, mungkin di keluarga cuma aku yang nggak ada mirip-miripnya sama mereka. Tapi entah kenapa akhir-akhir ini beberapa orang bilang kalau aku mirip emak pas lihat foto keluarga di ruang tamu.

Namun jauh daripada hal-hal tersebut, Allah sudah menciptakan aku seunik mungkin. Aku bukanlah sebuah copy-an asli dari bapak mau pun emak. Aku hanyalah hasil penjumlahan masing-masing setengah dari bapak dan emak, dengan pengurangan dan penambahan di bagian tertentu, yang ditujukan untuk bisa menilai sendiri siapa dan bagaimana aku memposisikan diriku.

-2uφ-

Leave a Reply

