[Trivia] Kuchiki Rukia

Kuchiki Rukia Chara

Rukia adalah salah satu tokoh utama dalam Bleach. Tak hanya itu, agaknya sang Mangaka juga memberikan perhatian lebih pada karakter ciptaannya. Nama Kuchiki Rukia sendiri sudah ditetapkan sejak awal oleh Kubo, sebelum serial ini dimulai ataupun belum terkonsep Kuchiki sebagai keluarga Bangsawan.

Nama Rukia sendiri menggunakan huruf Katakana (ルキア). Seperti yang kita ketahui, huruf katakana digunakan untuk penulisan kata serapan yang berasal dari bahasa asing. Memang benar, dikatakan oleh Kubo kalau nama Rukia sendiri awalnya terinspirasi dari nama sebuah bunga saat dia menonton sebuah acara luar negeri. Kubo tak mengatakan nama bunga itu secara langsung. Namun, dari chapter 136, Night of Wijnruit, chapter yang menceritakan tentang kilas balik saat Kaien dimakan oleh Hollow. Kilas balik tentang malam mengerikan yang dialami oleh Rukia saat harus membunuh fukutachounya sendiri. Winjruit merupakan sebuah bunga dengan nama lain Rue (ルー). Kemungkinan bunga inilah yang dimaksud oleh Kubo.

Namun tak hanya itu, Kubo juga mengatakan sesuatu yang lain dari nama Rukia.

“Rukia berarti Cahaya. Dia seperti secercah cahaya bagi Ichigo. Nama ini benar-benar cocok untuknya. *tertawa*”, ucap Kubo saat ditanya tentang masalah nama Rukia.

Cahaya yang dimaksud Kubo adalah arti dari bahas Perancis “Lucia” yang merupakan pengucapan dari kata “Rukia”. Tak hanya itu, Rukia juga merupakan nama Latin dari sebuah burung yang mempunyai arti “White-eye”/ “Mata Putih.” Agaknya ini juga merujuk pada bankai Rukia yang mucul akhir-akhir yang bertema-kan putih. Terlebih nama bankai Rukia sendiri dapat diartikan sebagai “Bleach” nama serial ciptaan Kubo itu sendiri.

Agaknya Rukia memang merupakan karakter spesial Kubo dalam manganya ini XD

Source

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s