Tidak Adil!

“Hidupmu menyebalkan, kemudian kamu mati.” Oh—seandainya saja hidupku benar-benar bisa sesederhana itu.

Orang tua mana pun selalu bilang; “Ini sudah adil.” “Inilah yang paling adil.” “Kami sudah adil membaginya.” dan bla bla bla. Tidak tahukah mereka, tidak ada yang benar-benar adil di dunia—keluarga ini. Apa yang selalu dibicarakan, toh tidak pernah sama dengan kenyataan.

Apakah menjadi tua berarti sama dengan selalu mengatur anak? Oke. Jika untuk kebaikan ini masih bisa diterima. Lalu, jika hal iain? Apa yang seharusnya menjadi hak hanya terpenuhi melalui udara. Kenyataannya? Nihil!

22 tahun—dan hampir mendekati angka 23. Selalu menyakinkan bahwa diri sendiri bisa—pasti mampu menjalani ini semua. Selalu tersenyum, tertawa, bercanda dan membuat mereka ikut tertawa. Lalu, mereka pasti berpikir “dia waras” “dia baik-baik saja”.

Oh yang benar saja!

Tidak tahukah? Sesekali aku juga butuh berteriak dan menjerit. Di dalam sana benar-benar terasa sakit, seperti ada mahkluk yang terus saja mencakar-cakar hati. Tapi, jika tidak ada wadah untuk menumpahkannya, semuanya hanya bisa terakumulasi dan akhirnya akan meledak sesekali.

Aku bisa saja menumpahkannya. Ya, jika itu memang terkoneksi. Kenyataannya? Tidak ada yang bisa menjaga rahasia—pun demikian aku. Semua hanyalah ember bocor yang bocor tanpa mereka sadari. Tidak ada yang aman. Hanya pikiranku saja tempat paling aman—mungkin (kalau tidak disadap, bisa saja kan?).

Dan—oh, ingatkan aku jika menjadi tua nanti (kalau aku bisa melewati tahap itu), sepertinya sejak awal aku sudah gila—atau ada yang salah dengan kepribadianku?

Bagaimana mulanya, bagaimana akhirnya, semua hanya tergantung proses. Dan itu bisa segera aku buang jika sudah tak ingin mengingatnya lagi.

Tinggal tutup mata. Berharap ini mimpi. Jika esok masih sama, tidurlah dan bermimpilah. Pikiranku sudah cukup penuh dengan kata-kata pikiranku sendiri.

Another Gloomy Day,
121812 07.58PM

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s